dc.description.abstract | ABSTRAK
Sheila Febrianti, 2023, “Pola Komunikasi Orang Tua – Anak dalam Memberikan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa SD Islam Al-Jawahir Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini berada dibawah bimbingan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I dan Ustadzah Rahmatillah, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini yaitu peneliti menemukan adanya keterlibatan orang tua dalam mengawasi proses pembelajaran anaknya di sekolah melalui grup chat WhatsApp maupun chat pribadi dengan guru, adanya komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh orang tua dengan anak dalam memberikan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu membantu anak dalam mengajarkan sholat, wudhu, mengaji, menghafalkan doa sehari-hari dan surahsurah pendek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola komunikasi yang dilakukan oleh orang tua dengan anak dalam memberikan motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa SD Islam Al-Jawahir Samarinda dan mencari tahu faktor pendukung dan penghambat proses komunikasi interpersonal dalam memberikan motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa SD Islam AlJawahir Samarinda.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah 8 orang tua siswa yang terdiri dari 4 ibu yang bekerja sebagai ibu rumah tangga dan 4 ibu yang memiliki pekerjaan diluar rumah, 8 orang siswa kelas 3-6, serta guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Islam AlJawahir Samarinda. Uji keabsahan data yang digunakan yakni uji kredibilitas yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan verifikasi disertai penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa para orang tua terbuka dalam mendengarkan permasalahan belajar anak, adanya empati yang ditunjukkan pada saat anak mengalami masalah dalam belajar, dukungan dalam bentuk kata-kata motivasi maupun tindakan, pemberian pujian dan penghargaan pada anak ketika berhasil meraih pencapaian dalam belajar, serta kesamaan pendapat dalam berkomunikasi dengan anak. Adapun pola komunikasi interpersonal yang peneliti temukan pada masing-masing orang tua yaitu diantaranya terdapat pola komunikasi linier, interaktif, dan transaksional. Faktor pendukung dalam melakukan komunikasi interpersonal dalam memberikan motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti yaitu adanya keingininan untuk berkomunikasi antara orang tua dan anak, adanya minat belajar anak terhadap pelajaran PAI dan Budi Pekerti, adanya lingkungan belajar yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat dalam proses komunikasi yaitu kurangnya waktu untuk berkomunikasi, anak yang suka menunda pekerjaan, kurangnya minat belajar anak pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti. | en_US |