Show simple item record

dc.contributor.authorSaypudin, Ahmad
dc.date.accessioned2023-12-28T01:42:27Z
dc.date.available2023-12-28T01:42:27Z
dc.date.issued2023-10-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3836
dc.description.abstractABSTRAK Ahmad Saypudin, 2023 “Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran AlQur’an Hadist Di Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda.” Skripsi, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd sebagai pembimbing I dan Yunita Noor Azizah, M.Pd.I sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Namun kenyataannya di MTs Darul Muta’allimin Samarinda belum menerapkan model snowball throwing saat mengajarkan pembelajaran Al-Quran Hadist, dan masih menggunakan ceramah. Sehingga dapat membuat siswa merasa bosan jenuh, dan mengantuk saat pembelajaran berlangsung. Sehingga ketika guru menjelaskan materi pembelajaran ada yang sibuk dengan urusannya sendiri seperti mengobrol sendiri, bahkan tidur ketika pembelajaran berlangsung, tidak memperhatikan materi pembelajaran yang disampaikan. Sehingga siswa kurang memahami materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru ketika pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pra-eksperimental dengan pendekatan one group pre-test post-test design. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Muta’allimin Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian test berupa test soal pilihan ganda dengan dibantu dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji T) dengan paired sample test bahwa nilai berjumlah 0,000 < 0,05. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan diterima, yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda. Kemudian dari hasil analisis deskriptif nilai sebelum dan sesudah dilakukannya model pembelajaran snowball throwing terdapat selisih antara nilai pre-test dan post-test, nilai pre-test sebesar 50,875 dan nilai post-test sebesar 81,125 dari pengurangan antara nilai pre-test dan post-test terdapat selisih nilai sebesar 30,25. Dengan demikian nilai post-test hasil belajar siswa lebih besar dari nilai pretest, sehingga model pembelajaran snowball throwing memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Kemudian dari hasil uji koefesien determinasi diperoleh nilai r-square 0,072 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kurang berpengaruh dengan angka sebesar 7,2%.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar, AlQur’an Hadisten_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran AlQur’an Hadist Di Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record