dc.description.abstract | ABSTRAK
Sitti Nur Aisyah, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa MTs Noor Iman Samarinda”. 2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir M.SI dan Abdul Basith M.Pd.
Latar Belakang penelitian ialah terdapat masalah kesulitan membaca Al-Qur’an siswa. Samarinda ada beberapa anak didik masih kesulitan membaca Al-Qur’an, seharusnya pada usia mereka sudah lancar atau sudah mengerti akan tajwid dan panjang pendek dalam Al-Qur’an. Untuk itu guru di harapkan dapat memiliki penentuan dalam membentuk strategi, ide, maupun usaha bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Begitu juga dengan sekolah, guru maupun pihak sekolah bekerja sama dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an dengan memberikan sebuah metode pembelajaran ataupun program pembelajaran dari sekolah dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi kesulitanmembaca Al-Qur’an siswa MTs Noor Iman Samarinda dan untuk menegetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian dengan kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa di MTs Noor Iman Samarinda. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumtasi. Adapun teknik analisis yang digunakan kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa 1). Tajwid dalam hal penyebutan idgam bigunnah dan idgam bila gunnah upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam yaitu dengan cara mengulang-ulang bacaan Al-Qur’an serta mengajarkan cara penyebutan yang benar, dan di buat program mengaji setiap hari rabu pagi, dan sebelum mengaji mereka melakukan sholat dhuha bersama-sama, selesai itu mereka baru melaksanakan pengajian, 2). panjang pendeknya yang dimana upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dengan melakukan bimbingan khusus kepada peserta didik dan mengadakan tes membaca Al-Qur’an kepada siswa. Adapun Faktor pendukung yaitu memberikan semangat, motivasi,dorongan dari guru-guru dan dukungan dari temanteman. Dengan ini siswa akan lebih giat lagi dalam membaca Al-Qur’an dan meraka senang untuk selalu dalam membaca Al-Qur’an, dan Faktor penghambatnya kurangnya motivasi orang tua, kurang disiplin, kurangnya waktu dalam membaca Al-Qur’an, dan siswa lebih sering bermain handphone. | en_US |