Show simple item record

dc.contributor.authorRahman, Aditya
dc.date.accessioned2023-12-29T01:19:34Z
dc.date.available2023-12-29T01:19:34Z
dc.date.issued2023-09-27
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3841
dc.description.abstractABSTRAK Aditya Rahman, 2023. Problematika Pembelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M.Pd.I selaku dosen pembimbing I dan Rumainur,M.Pd.I selaku dosen pembimbing II. Latar belakang dari penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda merupakan tempat pembelajaran yang terjadi di lingkungan sekolah yang di ajarkan oleh guru. Guru pendidikan Islam memegang peranan yang cukup penting dalam suatu sekolah atau lembaga pendidikan. Seorang guru Pendidikan Agama Islam harus mampu menjadi teladan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswanya. Mata pelajaran Fiqih memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan dan menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah swt, dengan diri manusia sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya ataupun lingkungannya. Alasan peneliti mengangkat judul Problematika Pembelejaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda dikarenakan sekolah tersebut mempunyai masalah pembelajaran fikih tentang terhambatnya sebagian peserta didik yang belum terbiasa dengan lingkungan sekolah Madrasah, disebabkan peserta didik yang sebelumnya melakukan pembelajaran di SMP (Sekolah Menengah Pertama) yang di mana Pembelajaran Agama Islamnya tidak sedalam di lingkungan Madrasah. Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah guru fikih dan siswa siswi kelas agama 1 dan 2 di MAN 1 Samarinda,. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) problematika yang terjadi dalam pembelajaran Fiqih pemasalahan yang dialami atau di rasakan oleh guru dalam mata pelajaran fikih yaitu terkendalanya oleh minat siswa yang di sebabkan oleh penyampain seorang guru yang tidak diterima degan baik oleh siswa, focus belajar siswa baik internal maupun eksternal, kemudian daya tangkap siswa yang berbeda-beda dalam memahami pelejaran membuat guru menjadi harus lebih kreatif dalam menyampaikan pembelajaran. 2) Faktor penyebab munculnya problematika pembelajaran fikih Terdapat dua faktor penyebab munculnya problematika pemebelajaran pada mata pelajaran fikih yakni faktor hafalan dalam mata pelajaran fikih dan faktor waktu pada mata pelajaran fikih.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectProblematika, Pembelajaran Fikihen_US
dc.titleProblematika Pembelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record