dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Zulham Hilmi, 2023. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar Akidah Akhlak Kelas IX Di MTs Darul Mutta’allimin Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian dibimbing oleh Dr. Rusdi, S.Ag. M.SI sebagai pembimbing I dan Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd sebagai pembimbing II.
Yang melatarbelakangi penelitian ini yakni kegiatan evaluasi di MTs Darul Mutta’allimin sebelumnya menggunakan kertas sebagai lembar soal dan lembar jawaban saat ujian siswa, guru mengoreksi lembar jawaban satu persatu sehingga memerlukan waktu yang cukup lama, serta tulisan pada lembar jawaban ada yang tidak dapat dibaca ada pula tulisan dapat dibaca sebagian, siswa masih dapat jawaban teman pada saat ujian berlangsung. Pada penelitian ini bertujuan meneliti tentang penggunaan aplikasi quizizz sebagai alat bantu dalam kegiatan evaluasi pembelajaran akidah akhlak. Dalam penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas IX di MTs Darul Mutta’allimin Samarinda.
Jenis penelitian ini yakni kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental (pretest-posttest Group Control Design). Populasinya semua anak kelas IX di MTs Darul Mutta’allimin sejumlah 46 siswa. Dengan menggunakan teknik sampling jenuh sampelnya yakni kelas IX B yang berjumlah 23 siswa dan kelas IX A yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data memakai tes, observasi dan dokumentasi. Keabsahan datanya yakni pengujian validitas dan reliabellitas. Penganalisisan data memakai pengujian normalitas, homogenitas dan pengujian t test uji N-gain score.
Hasil peneliti ini terdapat efektivitas di uji hipotesis T-test kelas kontrol dan eksperimen dengan pengujian t test telihat t hitung > t tabel (3.691> 2,015) dengan perhitungan memakai aplikasi IBM statistik version 25 skor sig (2-tailed) 0,05/2 = 0,025 (0,001 < 0,025). Dengan hasil N-gain tentang tingkatan efektifitas Nilai NGain sebesar 0,56. Berdasarkan Tabel 5 Kriteria N-Gain Score, nilai N-Gain yang diperoleh tersebut termasuk pada kriteria sedang. Sedangkan Jika dilihat dari Tabel 6, kategori tafsiran efektivitas gain berdasarkan persentase, maka perolehan N-Gain sebesar 56% termasuk pada kategori tafsiran cukup efektif. Dengan hasil belajar kelas kontrol tidak menggunakan aplikasi quizizz sebesar 82.17 dengan kelas eksperimen menggunakan aplikasi quizizz sebesar 89.74 terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti terdapat keefektivitasan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas IX di MTs Darul Mutta’allimin. | en_US |