Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 013 Kelurahan Sindang Sari Kecamatan Sambutan
Abstract
ABSTRAK
Siti Munawaroh, 2017. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 013 Kelurahan Sindang Sari Kecamatan Sambutan”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd dan Ibu Juhairiah, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi untuk mendeskripsikan tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 013 Kelurahan Sindang Sari Kecamatan Sambutan. Kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) 013 tidak menjadi hambatan atau penghalang agar tetap mampu bersaing dengan sekolah unggul yang ada di sekitarnya, keberhasilan yang di peroleh Kepala Sekolah selama masa jabatan antara lain sekolah mendapat akreditasi B dan juga banyak mendapatkan prestasi di bidang extrakurikuler. Oleh karena itu gaya kepemimpinan yang digunakan kepala sekolah sangat berperan penting untuk kemajuan sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah di SDN 013 Kelurahan Sindang Sari Kecamatan Sambutan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan informan penelitan, yaitu Kepala Sekolah sebagai informan kunci, dan wakil kepala sekolah, guru, serta staf tata usaha sebagai informan pendukung. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menujukkan bahwa Gaya Kepemimpinan yang digunakan oleh Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 013 Kelurahan Sindang Sari Kecamatan Sambutan menggunakan gaya kepemimpinan Demokratis dan Parsitifatif, yaitu Kepala Sekolah cenderung melakukan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan serta memotivasi guru dan semua pejabat yang ada hubungannya dengan sekolah untuk terlibat dalam pengambilan keputusan dan kepala sekolah selaku pemimpin mengharapkan agar para guru mampu bekerja sama dalam pencapaian tujuan.