Peningkatan Kemampuan Kognitif Matematika Anak Melalui Permainan Balok Kelompok B Paud Sabilillah
Abstract
ABSTRAK
Siti Ulandari, 2017. “Peningkatan Kemampuan Kognitif Matematika Anak Melalui Permainan Balok Kelompok B Paud Sabilillah”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag dan Sunanik, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi karena kemmapuan kognitif matematika anak kelompok B PAUD Sabilillah masih rendah. Hal ini terlihat sebagian besar anak belum bisa berhitung 1-10, belum mampu menghubungkan balok dengan angka dan belum mampu membedakan bentuk balok. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan koqnitif matematika melalui permainan balok di PAUD Sabilillah Samarinda.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok B PAUD Sabilillah Samarinda yang berjumlah 20 Anak. Objek penelitian ini adalah kemampuan kognitif matematika melalui permainan balok.
Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain balok. Kemampuan kognitif anak pada pra siklus mencapai 60%, siklus pertama meningkat 85% dan siklus kedua menjadi 92%, selain itu, dapat di simpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam peningkatan kemampuan kognitif melalui bermain balok. Berdasarkan hasil penelitian peningkatkan kemampuan kognitif matematika anak kelompok B PAUD Sabilillah Samarinda, maka dapat disimpulkan bahwa sudah terbukti melalui permainan balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif matematika anak kelompok B PAUD Sabilillah Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017.