Pengaruh Sistem Boarding school Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Melati Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Alya Kamilin, 2023, “Pengaruh Sistem Boarding school Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Melati Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Janah, M.S.I selaku pembimbing I dan Yunita Noor Azizah, M. Pd. I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini membahas mengenai lembaga pendidikan yang menggunakan sistem Boarding school kini banyak bertebaran diberbagai kota besar. Banyak hal positif dan perubahan yang didapatkan oleh siswa ketika masuk Boarding school. Mulai dari dari cara mengelola waktu dengan baik hingga belajar berdaptasi dalam segala kondisi. Tak dapat dipungkiri juga masih ditemukan siswa yang belum memanfaatkan asrama sebagai motivasi untuk belajar dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sistem Boarding school terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Melati Samarinda dan seberapa besar pengaruh sistem Boarding school terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Melati Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Plus Melati Samarinda yang berjumlah 47 siswa dengan kategori beragama Islam. Karena jumlah populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 orang, maka penelitian ini termasuk penelitian populasi. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah mendapatkan data, langkah selanjutnya ialah menganalis data penelitian dimulai uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Dilanjutkan dengan analisis uji koefisien korelasi, uji hipotesis parsial (uji T), dan uji koefisien determinasi (uji R2) menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 24.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini dengan beberapa uji yang telah dilakukan, didapat hasil uji hipotesis (uji T) menunjukkan bahwa nilai signifikansi nya 0,0001 < 0,05 itu artinya terdapat pengaruh sistem Boarding school terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Melati Samarinda. Kemudian didukung hasil uji koefisien determinasi mendapatkan nilai 21,6% yang berarti nilai kontribusi pengaruh sistem Boarding school terhadap motivasi belajar siswa di SMP Plus Melati Samarinda memiliki kategori pengaruh sedang. Sedangkan sisanya, 100% - 21,6% = 78,4% dipengaruhi oleh variabel luar yang tidak diteliti dalam penelitian ini.