Show simple item record

dc.contributor.authorYusanto, Tataq Alif
dc.date.accessioned2024-01-12T02:02:45Z
dc.date.available2024-01-12T02:02:45Z
dc.date.issued2023-01-01
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3870
dc.description.abstractABSTRAK Tataq Alif Yusanto (1811101253) implementasi pendidikan karakter melalui pendididkan agama islam di SMP NEGERI 002 LOA KULU. Pendidikan karakter adalah salah satu sistem yang menanamkan nilai-nilai karakter pada seorang peserta didik, yang mengandung berbagai macam komponen yaitu pengetahuan, kesadaran individu, tekad serta adanya kemauan dan tindakan untuk melaksanakan sebuah nilai-nilai, baik terhadap Tuhan yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, maupun bangsa, sehingga akan terwujud insan kamil. hal ini sesuai dengan capaian pendidikan yang tertuang dalam undang-undang dasar no 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang selalu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan penelitian saya untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PAI di SMP NEGERI 002,LOA KULU. cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari actor yang terlibat diantaranya adalah siswa kelas 9 (IX) sebanyak 65 siswa. Instrument penelitian ini digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Angket sebagaialat untuk men jaring jawaban siswa, sedangkan wawancara dilakukan terhadap guru Pendidikan Agama Islam dan Kepala Sekolah. Observasi dilakukan dengan melihat guru ketika mengajar di dalam kelas, dan mengamati kondisi sekolah dan segala objek penelitian di sekolah. Teknik analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mengimplementasikan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan karakter yang diterapkan antara lain: religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, gemar membaca, peduli lingkungan dan peduli sesama. Kata kunci : Pendidikan Nilai Karakter , Pembelajaran paien_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPendidikan Nilai Karakter, Pembelajaran paien_US
dc.titleimplementasi pendidikan karakter melalui pendididkan agama islam di SMP NEGERI 002 LOA KULU.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record