dc.description.abstract | ABSTRAK
Wiwik Nurlaila, “Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam ( PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr.Rusdi,S.Ag.M.SI selaku dosen pembimbing I dan ibu Indriana Rahmawati, M.Pd dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran yang berubah semenjakpandemik virus Covid-19. Virus Covid-19 yang menyerang pernapasan dan mudah menular dari orang ke orang maka terjadinya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Oleh karena itu pembelajaran dilakukan dengan daring atau jarak jauh tidak ada tatap muka dikelas selama 1 tahun dari 2020-2021. Karena peserta didik sudah mengalami pembelajaran daring selama 1 tahun, peserta didik selama pembelajaran daring mengalami kurang fokus dan menurunnya semangat belajar. Oleh sebab itu adanya upaya pemerintah dengan mengadakan pembelajaran tatap muka terbatas pada PPKM di level 3 atau zona hijau maka pembelajaran bias dilakukan secara tatap muka dan daring. Dengan pembelajaran tatap muka terbatas apakah dapat merubah fokus dan semangat belajar peserta didik. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas terhadap motivasi belajar mahasiswa program Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sulatan Aji Muhammad Idris Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif Ex Post Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2020 yang berjumlah 240 mahasiwa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa PAI ( Pendidikan Agama Islam) lokal 2 dan 5 yang berjumlah 70 sampel mahasiswa. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan uji validitas, uji realibitas, dan uji normalitas.
Hasil dari penelitian ini menggunakan korelasi product moment didapatkan nilai rhitung sebesar 0,514 dengan mengintrepretasi nilai rhitung bahwa rhitung tersebut antara 0,400 – 0,599 maka dinyatakan bahwa pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas terhadap motivasi belajar mahasiswa program Pendidikan Agama Islam berpengaruh sedang pada variable X ( pembelajaran tatap muka terbatas) terhadap variable Y (motivasi belajar). Dalam uji t yang menghasilkan thitung sebesar 5,310 dan nilai ttabel 1,667 artinya Ha diterima dan H0 ditolak yang menyatakan berpengaruh variable X terhadap variable Y. dengan uji koefesien determinasi sebesar 29,2% dan 70,8% dipengaruhi oleh variable lain. Maka dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) di UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. | en_US |