dc.description.abstract | ABSTRAK
Ainun Mardiah, 2017. “Pengaruh Metode Active Debate Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Pada Kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Samarinda)”, penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Syeh Hawib Hamzah, S. Ag., M.Pd.I. sebagai pembimbing I dan dan Bapak Dr. Puryadi, S.Ag, M.Si, sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti sehingga guru menggunakan metode active debate agar siswa menjadi lebih aktif. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode active debate (Debat Aktif) terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti (Studi Kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Samarinda).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif dengan tujuan mengetahui hubungan dari metode active debate terhadap motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Samarinda yang berjumlah 102 siswa. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan akuntansi dengan jumlah 102 responden dikurang dengan siswa non muslim berjumlah 11 responden jadi jumlah reponden yang peneliti ambil sebanyak 91 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Kemudian angket di uji dengan keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, kemudian data diolah menggunakan uji Korelasi Product Moment menggunakan program SPSS 21 dan microsoft excel.
Dari hasil perhitungan dengan rumus korelasi product moment diperoleh thitung ≥ dari ttabel atau 8,173 ≥ 2,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa korelasi variabel X dengan variabel Y atau hubungan metode active debate terhadap motivasi belajar siswa kelas XII Akuntansi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Negeri 1 Samarinda adalah signifikan. | en_US |