View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Kelompok B TK Bintang Bunda Samarinda Utara

Thumbnail
View/Open
2017 PIAUD_SARI FITRYANI.docx (25.39Kb)
Bab1_Sari Fitryani.pdf (220.2Kb)
Bab2_Sari Fitryani.pdf (328.6Kb)
Bab3_Sari Fitryani.pdf (225.4Kb)
Bab4_Sari Fitryani.pdf (425.9Kb)
Bab5_Sari Fitryani.pdf (164.0Kb)
Date
2017-09-12
Author
Fitryani, Sari
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Sari Fitryani, 2017. “Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Kelompok B TK Bintang Bunda Samarinda Utara”. Penelitian Tindakan Kelas, Program Studi Pendidikan Islam Anak usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh DR. Robingatin, M.Ag dan Lina Revilla Malik, M.Si. Penelitian ini bertolak dari latar belakang pentingnya mengembangkan kemampuan menyimak anak pada usia dini. Namun permasalahan yang ada, pengembangan kemampuan menyimak anak di TK Bintang Bunda belum berkembang secara optimal, terdapat beberapa masalah yang berkaitan dengan kurangnya tingkat pemahaman anak dan penggunaan metode yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini melalui penggunaan metode bercerita pada anak kelompok B TK Bintang Bunda Samarinda tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dan terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas B TK Bintang Bunda Samarinda. Objek penelitiannya adalah kemampuan menyimak anak. Data penelitian diambil menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 2 pendekatan yaitu, pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisa proses pembelajaran menggunakan lembar observasi, dan pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisa hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak, dapat dilihat dari hasil yang dicapai dari setiap siklus. Siklus I nilai rata-rata anak mengalami peningkatan mencapai 50%, karena yang dicapai belum memenuhi harapan, maka dilanjutkan pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata 75%. Sehingga tidak perlu dilakukan tindakan pada siklus berikuitnya.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/391
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [165]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV