Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Materi Keaswajaan Di Madrasah Aliyah Ma’arif Nahdhlatul Ulama, 01 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Dicky Septa Bayu Prasetya, 2023, Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Materi Keaswajaan Di Madrasah Aliyah Ma’arif Nahdhlatul Ulama, 01 Samarinda, skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian Ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis, M.Si selaku pembimbing I dan Ustadz Moh. Nasrun, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai suku, budaya, moral, dan karakter, siswa yang semakin turun dan merosot dimana-mana dalam dunia globalisasi saat ini, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dan dampaknya tidak hanya kepada masyarakat saja, bahkan siswa siswi disekolahpun juga terpengaruh hal tersebut. Maka pendidikan karakter menjadi topik yang sangat penting saat ini. Atas permasalahan tersebut, dunia pendidikanlah yang sangat berperan penting bahkan menjadi peran utama dalam menanamkan kembali nilai-nilai karakter yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang dilandasi dengan nilai-nilai karakter yang ada dalam pembelajaran aswaja materi tawasuth, tasamuh, tawazun I,tidal dan Hubul Wathon Minal Iman (Cinta Tanah Air) dalam falsafah hidup. Maka kajian ini juga bermaksud menjawab permasalahan tersebut dengan mengangkat judul “implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran materi keaswajaan di madrasah aliyah ma’arif Nahdhlatul Ulama’ 01 Samarinda”, dengan mengfokuskan kepada beberapa nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajaran materi keaswajaan yaitu, moderat (tawasuth), seimbang (tasamuh), toleransi (tawazun), I’tidal (tegak lurus).
Metode penelitan ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Yang dimana pengumpulan data-data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi mengenai Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Aswaja di MA Ma’arif NU 01 Samarinda. Selanjutnya data yang diperoleh kemudian diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan argumentasi yang mengarah kepada pokok peneltian sehingga menemukan hasilnya. Kemudian dianalisis kembali dengan menggunakan teknik analisis data (Data analysis) sehingga mengetahui manfaat serta hasil pembelajaran tersebut. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut : 1) implemetasi kurikulum 2013 pada pembelajaran Aswaja di MA Ma’arif NU 01 Samarinda melalui penerapan dari strategi pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran dan pendekatan yang baik. 2) Dalam proses belajar mengajar tidak luput dari media pembelajaran yang didukung dengan sarana dan prasarana yang sesuai untuk menunjang kegiatan pembelajaran keaswajaan di MA Ma’arif NU 01 Samarinda. 3) penerapan sikap Tawasuth, Tasamuh, Tawazun dan I’tidal yang dilakukan siswa di MA Ma’arif NU 01 Samarinda. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran materi keaswajaan di Madrasah Aliyah Ma’arif Nahdhlatul Ulama’ 01 Samarinda ada beberapa penerapan sikap yang dapat kita tanamkan kedalam diri siswa yaitu a) Penerapan sikap Tawasuth kepada siswa memberikan dampak yang positif yaitu tidak membeda-bedakan golongan dalam berinteraksi, b) Penerapan sikap Tasamuh dapat membuat siswa bisa menghargai pendapat orang lain, c) penerapan sikap Tawazun dapat membuat siswa untuk berhubungan baik kepada sesamanya.