Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Loa Janan Tahun Pembelajaran 2022/2023
Abstract
ABSTRAK
Alifah Febri Yanti, 2023 “Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Loa Janan Tahun Pembelajaran 2022/2023”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI sebagai pembimbing I dan Anggie Nadia Dinihari, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini berkaitan dengan masalah motivasi belajar siswa yang didasarkan pada hasil observasi awal di SMA Negeri 1 Loa Janan, terlihat dari siswa yang tidak memperhatikan guru saat pembelajaran, paham akan teori tetapi masih salah saat mempraktikannya. Oleh sebab itu guru menggunakan metode yang menekankan praktik dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, seperti metode pembelajaran bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Loa Janan
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 1 Loa Janan yaitu sebanyak 451 siswa, untuk menentukan jumlah sampel dalam penelitian ini, dilakukan secara Purposive Sampling yaitu dengan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan berdasarkan tujuan tertentu dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi saat menggunakannya. Berdasarkan hasil karakteristik jumlah sampel yang dibutuhkan adalah 63 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini observasi, angket, dan dokumentasi. Pada teknik analisis data menggunakan uji korelasi, regresi linear sederhana, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara metode pembelajaran bermain peran terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Loa Janan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji korelasi didapatkan hasil 0,508, yang berarti ada hubungan yang sedang dengan arah hubungan positif, uji regresi linear sedarhana didapatkan nilai Fhitung > Ftabel yakni, 21,223 > 4,00, maka ditarik keputusan terdapat hubungan yang linier,. Kemudian dilakukan uji hipotesis variabel metode pembelajaran bermain peran dan motivasi belajar siswa didapatkan hasil bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 , itu artinya Ha diterima dan H0 ditolak, dilanjut dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,258. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran bermain peran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Loa Janan memiliki pengaruh sebesar 25,8%.