Show simple item record

dc.contributor.authorFatmasari, Andi Lisna
dc.date.accessioned2024-01-24T02:32:28Z
dc.date.available2024-01-24T02:32:28Z
dc.date.issued2023-11-24
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3919
dc.description.abstractABSTRAK Andi Lisna Fatmasari, 2023. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Pada Siswa Smp Plus Melati Samarinda Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M. Pd. sebagai pembimbing I dan Bapak Muhammad Fajri M.Pd., sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena yang terjadi di SMP Plus Melati Samarinda dengan adanya visi sekolah untuk menjadikan siswa SMP Plus Melati Samarinda memiliki karakter Islami sehingga berbagai strategi pembelajaran digunakan oleh guru agar dapat membentuk karakter Islami pada siswa. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter islami pada siswa SMP Plus Melati Samarinda serta melihat bagaimana proses membentuk karakter islami pada siswa Smp Plus Melati Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini dibatasi dalam lingkup Lembaga Pendidikan Smp Plus Melati Samarinda, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa/Siswi SMP Plus Melati Samarinda yang menjadi informan pada penelitian ini. Untuk mendapatkan data secara menyeluruh peneliti menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan teknik miles dan huberman dalam tiga tahapan yaitu kondensasi data, display data, dan verifikasi. Data yang didapatkan akan diuji melalui teknik ketekunan pengamatan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa; 1) Strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter islami pada siswa SMP Plus Melati Samarinda ditemukan pembentukan karakter kepada siswa/siswinya secara Islami kepada yang muslim dibentuk karakternya sesuai ajaran Agama Islam, dan yang non muslim dibentuk karakternya sesuai keyakinannya, 2) Proses membentuk karakter islami pada siswa SMP Plus Melati Samarinda ditemukan seperti pembiasaan mengucapkan salam ketika ketemu guru, staff, dan sesame siswa, selain itu ada kegiatan rutin dalam pembentukan karakter Islami pada siswa melaksanakan sholat sunah dhuha berjamaah, do‟a berjamaah, baca asmaul husna, tadarusan al-qur‟an dan hari jum‟at kami muhadoroh bergiliran. Praktek pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter Islami pada siswa SMP Plus Melati Samarinda seperti kegiatan pagi hari pukul 07:00-07:50 di masjid melaksanakan sholat sunah dhuha berjamaah, do‟a berjamaah, baca asmaul husna, tadarusan al-qur‟an dan hari jum‟at kami muhadoroh bergiliran, yang didampingi langsung oleh guru.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Karakter Islamien_US
dc.titleStrategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Pada Siswa Smp Plus Melati Samarinda Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timuren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record