Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di MTs Labbaika Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Herdiyanti Tri Puspita, 2023 “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di MTs Labbaika Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Ahmad Riyadi, S.Ag, SS, M.Hum selaku pembimbing I dan Ibu Indriana Rahmawati M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan dimana terdapat siswa di sekolah yang tidak menunjukkan tingkat kedisiplinan yang baik. Misalnya ada siswa yang tidak menaati peraturan sekolah, tidak bertanggung jawab terhadap tugasnya, meniru pekerjaan temannya, tidak mendengarkan materi yang diterangkan guru, dan hanya belajar untuk ujian. Hal ini dapat mempengaruhi pembelajaran peserta didik. Sebab itu peneliti mau melaksanakan penelitian yang berjudul “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Disiplin Siswa Kelas VIII MTs Labbaika Samarinda”. Penelitian ini mempunyai tujuan agar mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa dan mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII MTs Labbaika Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Populasi sebanyak 184 siswa serta sampel sebanyak 126 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket serta dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan menggunakan uji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data peneliti menggunakan asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Uji koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji T) dipakai untuk menguji hipotesis pada data.
Hasil yang didapat dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII MTs Labbaika Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian variabel Y diperoleh thitung sebesar 8,207 sedangkan nilai ttabel 1,657 karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik yang ditunjukkan melalui koefisien determinasi dengan nilai R-squared jumlahnya 0,352. Hal ini berarti lingkungan sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa ialah sebesar 35,2%, dengan sisa 64,8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak terdapat pada penelitian ini. Hal ini dikarenakan dihipotesiskan bahwa lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII A, B, C, D, E di MTs Labbaika Samarinda, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.