Pengaruh Media Sosial terhadap Akhlak Mazmumah Siswa SMP Negeri 34 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Adi Siswanto, 2023. ”Pengaruh Media Sosial terhadap Akhlak Mazmumah Siswa SMP Negeri 34 Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Drs. Darwis, M.SI dan ibu Rega Armella, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemakaian internet saat ini sangatlah mudah dan dapat dijangkau siapapun, di manapun, dan kapan pun. Salah satunya media sosial, perkembangan media sosial ini tentu saja membawa banyak dampak, terlebih lagi bagi akhlak seseorang. Hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 34 Samarinda, ditemukan bahwa siswa secara aktif mengakses media social. Contoh media sosial yang di akses seperti WhatsApp, Instagram, TikTok. Fenomena yang terjadi di lapangan terlihat masih banyak siswa yang belum memahami penggunaan media sosial hal tersebut dikarenakan siswa kurang memahami akan kebermanfaatan penggunaan media sosial. Hasil observasi awal yang dilakukan kepada guru mata pelajaran Agama Islam mengatakan dampak dari media sosial terhadap siswa terlihat di kelas VIII dimana banyak siswa yang menggunakan media sosial sebagai tempat mengolok-olok satu sama lain, gampang mengucapkan kata-kata kotor, dan menjadikan siswa malas dan mengabaikan tugas
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Adapun teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling, dan data dikumpulkan dengan skala likert. Sedangkan teknik analisis data ini sendiri menggunakan uji hipotesis koefisien korelasi dan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas VIII sebanyak 195 siswa terdapat 190 orang siswa yang memiliki media sosial (Intagram, Whatsap dan TikTok) serta yang aktif mengakses media sosial sebanyak 70 orang siswa. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara hubungan media sosial dengan akhlak mazmumah siswa SMP Negeri 34 Samarinda. Hal tersebut diperoleh dari hasil uji hipotesis didapatkan hasil bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05, itu artinya Ha diterima dan H0 ditolak, kemudian melalui uji korelasi dengan hasil nilai peason correlation sebesar -0,440 yang berarti hubungan antara variabel X dan Y terdapat kategori sedang dan memiliki hubungan negatif. Kemudian, dilakukan uji regresi linear sederhana, dimana didapatkan nilai F hitung > F tabel yakni, 16.344 > 3,98 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,005, sehingga dapat digunakan untuk memprediksi bahwa ada pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Kemudian didukung nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,787 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel media sosial (X) dengan akhlak mazmumah (Y) adalah sebesar 19,4% sedangkan 81,6% dipengaruhi oleh faktor lain.