Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati, Ria Vira
dc.date.accessioned2024-01-26T02:28:33Z
dc.date.available2024-01-26T02:28:33Z
dc.date.issued2023-08-23
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3931
dc.description.abstractABSTRAK Ria Vira Rahmawati, 2023. “Efektivitas Metode Card Sort Pada Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs DDI Tani Aman Samarinda”, Skripsi, Program Strudi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Peneliti dibimbing oleh Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil nilai siswa banyak yang masih dibawah nilai KKM dikarenakan beberapa hal diantaranya banyak siswa yang masih kurang memperhatikan dalam proses pembelajaran juga guru yang kurang mempersiapkan metode pembelajaran. Sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Hal ini perlu adanya penerapan metode dalam kelas agar suasana pembelajaran aktif serta dapat menarik perhatian siswa dalam belajar danmenjadikan aktifnya siswa didalam kelas. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah metode card sort. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode card sort terhadap hasil belajar SKI kelas VII di MTs DDI Tani Aman Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 75 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini ialah Simple Random Sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri dari kelas VII A sebanyak 25 siswa untuk kelaseksperimen dan kelas VII B sebanyak 25 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas pada instrument tes yang dilakukan di kelas VII C diluar sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 20 item soal. Adapun uji prasyarat yang digunakan yakni uji normalitas dan uji homogenitas dan untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen adalah 78,80 dan skor rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 61.40. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t, dimana hasil perhitungan diperoleh nilai Thitung (4,286) lebih besar dari Ttabel (2,011) pada α = 0,05, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak, artinya metode card sort efektif terhadap hasil belajar siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwasannya metode card sort dapat digunakan pada proses pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMetode Card Sorten_US
dc.titleEfektivitas Metode Card Sort Pada Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs DDI Tani Aman Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record