dc.description.abstract | ABSTRAK
Sitti Alang, 2017. Peningkatkan Kreativitas Anak dalam Pembelajaran Sains Melalui Metode Demonstrasi Di TK Ceria Muara Badak. Dalam penyelesainnya skripsi ini dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Jannah, M.SI. sebagai pembimbing I dan Mujahidah, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kreativitas anak disebabkan kurangnya kemampuan guru dalam meramu pembelajaran sains yang diberikan dengan berbagai metode salah satunya metode demontrasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas melalui pembelajaran sains menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali. Subjek penelitian adalah anak TK Ceria Muara Badak yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui deskripsi kualitatif dan kuantitatif.
Hasil analisis data pada siklus I menunjukkan kreativitas anak mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pra tindakan. Aspek fluency (kelancaran) hanya 57,50%, aspek flexibility (fleksibilitas) 55%, aspek elaboration (elaborasi) 54,36%, dan aspek originality (keaslian) 52,50%. Pada siklus II aspek fluency (kelancaran) 90%, artinya mengalami peningkatan 32.5%. Aspek flexibility (fleksibilitas) 89,36%, mengalami peningkatan 34.36%. Aspek elaboration (elaborasi) 90%, mengalami peningkatan 35.64%, dan aspek originality (keaslian) 91,86% meningkat 39.36%. | en_US |