dc.description.abstract | ABSTRAK
Ari Susiani, 2017, “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Ihsan Marangkayu”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zurqoni, M.Ag dan Dr. Suratman, M.Pd
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya latar belakang pendidikan guru yang sesuai dengan bidang studi yang akan diajarkannya agar tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal serta peranan media yang mempermudah guru dalam mengajar sehingga memberikan dampak positif pada keberhasilan peserta didik dalam menerima pelajaran di kelas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran pendidikan Agama Islam di MTs Al-Ihsan Marangkayu. Adapun manfaat penelitian ini adalah memberikan sumbangan pada proses pembelajaran dalam mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam.
Jenis Penelitian ini penelitian lapangan, dengan subjek penelitian adalah guru pendidikan agama Islam dan objek penelitian media pembelajaran. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan metode triangulasi data. Untuk menganalisis data dari hasil penelitian, peneliti menggunakan langkah-langkah analisis data yaitu:, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Al-Ihsan Marangkayu adalah latar belakang pendidikan guru yang tidak sesuai dengan bidang studi yang di ajar, kesulitan dalam menggunakan media dengan faktor-faktor sebagai berikut: guru kesulitan dalam mengoperasikan media pembelajaran yang berbasis IT, kurangnya waktu untuk menyiapkan media, menggunakan media akan semakin memperumit guru, kurangnya sarana pendukung, kurangnya minat guru untuk menggunakan media dalam mengajar. Usaha untuk mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Al-Ihsan Marangkayu adalah dengan pengembangan profesi guru dan usaha untuk mengatasi faktor-faktor guru kesulitan menggunakan media dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah melakukan pelatihan kepada guru, mengadakan bimbingan khusus, menumbuhkan motivasi guru, melakukan persiapan (menyiapkan bahan ataub materi pelajaran) sebelum mengajar, dan menyediakan sarana (laptop) untuk menunjang penggunaan media pembelajaran | en_US |