Show simple item record

dc.contributor.authorSalsabila, Izzatul
dc.date.accessioned2024-01-31T06:17:18Z
dc.date.available2024-01-31T06:17:18Z
dc.date.issued2023-04-10
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3973
dc.description.abstractABSTRAK Izzatul Salsabila 2023, “Penerapan Program Habituasi Dalam Pendidikan Karakter Di SMP Islamic Center Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs.H.Ahmad Riyadi, S.S., M.Hum dan Ibu Amalia Nur Aini, M.Pd. Tantangan di globalisasi ini sudah banyak disaksikan bahwa tingkah laku siswa zaman sekarang banyak yang tidak mencerminkan etika seorang pelajar dan tidak sedikit siswa di sekolah yang terbawa arus globalisasi yang mengkhawatirkan bagi dunia pendidikan. Hingga saat ini, pendidikan karakter masih dianggap cukup sulit bagi negara ini. Pendidikan karakter dipandang sebagai pemikiran vital bahwa manusia harus memiliki keseimbangan antara nilai dan etika yang dapat diciptakan sebagai karakter dalam kehidupan selain informasi. Sebabnya, sekolah harus menerapkan pembiasaan-pembiasaan baik agar para siswa mulai terbiasa mengerjakan sesuatu yang bermanfaat untuk diri mereka dan sekitarnya terutama dalam pembentukan karakterkarakter baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai penerapan program habituasi beserta faktor pendukung dan penghambat di sekolah ini. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang terkumpul kemudian diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan teknik Milles dan Huberman yang meliputi langkah-langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah yang pertama mengenai penerapan program habituasi dalam pendidikan karakter yang rutin dikerjakan oleh siswa setiap harinya di sekolah. Kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan kegiatan Islami mengenai ibadah-ibadah yang dapat membantu dalam menumbuhkan karakterkarakter yang baik untuk siswa seperti karakter religius, kedisiplinan, santun dan komunikatif, dan peduli lingkungan. Adapun kegiatan yang rutin dijalankan ialah shalat dhuha, shalat dzuhur dan ashar berjama’ah, zikir pagi, asmaul husna, menghafal hadist dan doa harian, penerapan 5S (salam, senyum, sapa, sopan, santun), dan jum’at bersih. Kemudian pada faktor pendukung penerapan habituasi yaitu dengan adanya peran dan dukungan warga sekolah, sarana prasarana yang mendukung. Untuk faktor penghambat dari program ini ialah kurangnya pengawasan dan ketidakfokusan siswa pada saat menjalankan program habituasi.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectProgram Habituasi, Pendidikan Karakteren_US
dc.titlePenerapan Program Habituasi Dalam Pendidikan Karakter Di SMP Islamic Center Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record