Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Al Misra Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Ade Risna, 2020. “Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Al Misra Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Wildan Saugi, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan kurikulum di Indonesia. Perkembangan kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan tahun 2006 (KTSP 2006) menjadi Kurikulum 2013 (K-13). Kurikulum 2013 siswa dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran, maka dari itu guru menerapkan metode diskusi. Adapun yang ingin diukur oleh peneliti adalah seberapa besar pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 127 siswa dengan mengambil sampel sebanyak 56 siswa sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, angket dan observasi. Instrumen tes digunakan untuk memperoleh data untuk variabel Y (hasil belajar), instrumen angket digunakan untuk memperoleh data variabel X (metode diskusi), adapun dokumentasi digunakan untuk menguatkan data penelitian. Hasil pengumpulan data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi, product moment dan uji t.
Hasil penelitian pengaruh penerapan metode diskusi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fikih di MTs Al Misra tahun ajaran 2019/2020 menunjukkan hasil analisis data penelitian korelasi sebesar -0,052. berdasarkan tabel interpretasi nilai r menunjukkan angka tersebu berada pada angka 0,00-0,199 yang berarti korelasi antara variabel X dan variabel Y sangat lemah. Adapun Berdasarkan nilai t: diketahui thitung sebesar 0,386 < ttabel 1,947 sehingga Ha ditolak, dengan kata lain variabel Metode Diskusi (X) tidak berpengaruh terhadap variabel Hasil belajar (Y).