dc.description.abstract | ABSTRAK
Andi Ika Putri, 2023, “Efektivitas Penggunaan Model Kooperatif Pembelajaran Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII MTs Al-Misra Samarinda”. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Lina Revilla Malik, M.Si selaku pembimbing I dan Sunanik, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa model pembelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran materi sejarah kebudayaan islam adalah ceramah, Tanya jawab, menghafal nama-nama khalifah dan diskusi yang diulang pada setiap sesi pembelajaran serta dari hasil belajar siswa yang berada di kelas VIIIA dan VIIIB yang masih belum mencapai KKM sebagaimana yang telah ditentukan oleh pihak sekolah yaitu 80, Hal ini menunjukkan bahwa sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam menerima materi yang disampaikan oleh pendidik. Maka dari itu dengan menggunakan model kooperatif tipe team quiz ini diharapkan dapat mengurangi rasa jenuh dan kantuk selama pembelajaran, sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar dapat mengetahui apakah efektif penggunaan model pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Al-Misra Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 99 siswa dan sampel berjumlah 30 siswa untuk kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Peneliti melakukan uji validitas menggunakan kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda sebanyak 19 soal yang telah di uji dengan menggunakan uji keabsahan data dalam uji validitas dan uji reliabilitas serta teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test menggunakan perhitungan N-Gain Score.
Berdasarkan hasil penelitian nilai posttest di kelas eksperimen didapati nilai tertinggi sebesar 94, dan nilai terendah 73, dengan nilai rata-rata sebesar 83.87. Uji normalitas pada teknik analisis data dengan menggunakan one sample kolmogorovsmirnov test didapati hasil 0.006 > 0.05 yang berarti penelitian ini berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan menggunakan uji levene statistic didapati signifikansi sebesar 0.351 > 0.05 yang berarti data posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji T) dengan menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai signifikan sebesar 0.001 < 0.05, hal ini menunjukkan jika terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest, maka Ha diterima dan Ho ditolak, serta dari perhitungan N-Gain Score pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 68.9% yang berarti masuk dalam kategori cukup efektif, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan model kooperatif pembelajaran tipe team quiz terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Al-Misra Samarinda. | en_US |