Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalu Permainan Outdoor Di Kelompok Bermain (KB) As-Sumayyan Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Rahmiyati Umar, 2019, “Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalu Permainan Outdoor Di Kelompok Bermain (KB) As-Sumayyan Samarinda”. Skripsi program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Iwan Abdi, M.Si selaku pembimbing I dan Hj Dwi Nur Aini Dahlan,M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini yaitu perkembangan motorik kasar anak di Kelompok Bermain (KB) As- Sumayyah Samarinda belum maksimal, guru lebih senang melakukan kegiatan di dalam kelas dan lebih banyak pembelajaran pada aspek perkembangan yang lain. Pemanfaatan alat permainan di luar kelas dengan lebih aktif dan kreatif amat jarang dilakukan. Padahal bagi anak usia dini bermain merupakan hal yang sangat menyenangkan dan diharapkan dengan bermain semua kemampuan anak terutama kemampuan motorik kasar anak dapat berkembang sesuai tahapan usia dan perkembangannya. Karena itulah peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan outdoor di kelompok cerdas usia 3-4 tahun. Tujuan untuk mengetahui Kegiatan permainan outdoor dapat menstimulasi perkembangan motorik kasar anak di kelompok bermain (KB) As- Sumayyah Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu 1. perencanaan, 2. tindakan, 3. pengamatan, dan 4. refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data, penelitian ini menggunakan statistik sederhana yaitu penilaian hasil kegiatan anak dan penilaian ketuntasan belajar.
Hasil penelitian peningkatan motorik kasar anak mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, nilai ketuntasan hasil belajar anak pada pra siklus skor 18% pada kategori Belum Berkembang (BB), siklus I mengalami peningkatan menjadi 46% pada kategori Mulai Berkembang (MB), dan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu pada skor 82% pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).
Kata kunci: Motorik Kasar, Permainan Outdoor.