dc.description.abstract | ABSTRAK
Ramadhan Noor, 2023. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Menumbuhkan NilaiNilai Keagamaan Untuk Meminimalisasi kenakalan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Harapan Baru Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI selaku Dosen Pembimbing I dan Yunita Noor Azizah, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini membahas tentang Strategi Kepala Madrasah Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Keagamaan Untuk Meminimalisasi kenakalan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Harapan Baru Samarinda, akhir-akhir ini banyak penilaian masyarakat mengenai generasi muda, bukan hanya dari media masa saja dan ada juga di dalam perbincangan sehari-hari. Sikap anarkis siswa sudah sering membuat ke khawatiran di masyarakat, ada era globalisasi, masalah siswa dengan tindakan anarkisnya sangat perlu di perhitungkan khusus dari berbagai pihak, terutama orang tua serta guru-guru selaku pembimbing, pengarah sekaligus panutan. Maka dari itu perlu kita lakukan upaya-upaya yang extra agar anak bangsa kita menjadi orang yang bermanfaat bagi dririnya, keluarga, bangsa dan agama. Siswa merupakan generasi bangsa yang nantinya berpengaruh terhadap bangsa dan negaranya dan apabila generasi mudanya rusak maka rusaklah masa depan suatu negara, bangsa dan agama.
Penggunaan metode pada penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Adapun hasil penelitian Strategi Kepala Madrasah Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Keagamaan Untuk Meminimalisasi kenakalan Siswa di MTs At-Taqwa yaitu strategi tersebut mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan evaluasi, yang dimana strategi tersebut dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada dan ditujukan agar sekolah tersebut terus berkembang, Adapun yang menjadi fakor pendukung strategi kepala madrasah ialah guru-guru dan fasilitas yang ada, Guru-guru yang dimana mempunyai tugas untuk membimbing para siswa dan memberikan ilmu agar para siswa menjadi lebih baik lagi, hal itu juga di permudah dengan penyedian fasilitas-fasilitas yang ada pada sekolah, berupa ruangan, masjid dan lain-lain, selain itu terdapat program yang menunjang meningkatnya nilai-nilai keagamaan siswa yaitu fasilitas yang ada seperti, kegiatan majelis setiap hari sabtu, lalu sebelum pembelajaran membaca sifat 20, asmaul husna dan sholawat nariyah. Selain itu yang menjadi faktor penghambat strategi kepala madrasah yaitu waktu yang agak kurang dalam hal misalnya, pembinaan masal untuk meminimalisir kenakalan siswa. | en_US |