dc.description.abstract | Dari data praktis di lapangan, terlihat jelas bahwa para siswa masih kesulitan untuk memahami materi ajar. Hal ini mungkin disebabkan oleh siswa yang kurang terlibat dalam proses pembelajaran atau bahkan gaya mengajar guru yang membosankan, yang membuat siswa tidak tertarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi pembelajaran terhadap perkembangan karakter siswa. Metodologi penelitian ini menggabungkan pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif analitik. Dalam penelitian ini, ada dua jenis sumber data yang berbeda: data primer dan data sekunder. Wawancara langsung dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wakil kurikulum dan guru, siswa, dan hasil observasi menjadi sumber data primer. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari penelaahan terhadap catatan, naskah, dan arsip yang berkaitan dengan penggunaan Active Learning dalam pembelajaran dan pengaruhnya terhadap peningkatan karakter siswa. Menurut temuan peneliti, kegiatan pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas digunakan untuk memuat komponen-komponen penerapan Active Learning dalam pembelajaran. Menurut temuan peneliti, karakter religius, moral, dan kinerja siswa berhasil dibentuk melalui penggunaan teknik pembelajaran aktif dalam pembelajaran.Kata kunci: siswa, active learning, pembelajaran, guru | en_US |