Show simple item record

dc.contributor.authorPurbasari, Niken Farara
dc.date.accessioned2024-02-06T06:14:34Z
dc.date.available2024-02-06T06:14:34Z
dc.date.issued2023-10-20
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4014
dc.description.abstractABSTRAK Niken Farara Purbasari, 2023. “Pengaruh Akun dakwah di Instagram Terhadap Sikap Keagamaan Siswa Siswi SMAN 1 Muara Badak”. Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Riswan, S. Pd., M.Si dan Miftahul Huda M.Kom. Penelitian ini di latar belakangi oleh instagram sebagai media sosial yang digemari oleh remaja khususnya siswa SMAN 1 Muara Badak. Di dalamnya terdapat berbagai macam informasi salah satunya infomasi keagamaan yang disebarkan oleh akun dakwah. Banyak orang yang berdakwah melalui sosial media berupa instagram, baik secara individu maupun kelompok. Mereka berdakwah dengan tujuan menanamkan pemahaman nilai-nilai agama yang nantinya dapat mempengaruhi sikap keagamaan pendengarnya, termasuk para remaja yang sudah dapat berfikir kritis khusunya siswa SMAN 1 Muara Badak. Sikap keagamaan yang dimaksud adalah seputar ibadah, pernikahan dan pacaran, dan toleransi. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengangkat fenomena ini sebagai topik penelitian dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh akun dakwah instagram terhadap sikap keagamaan siswa SMAN 1 Muara Badak. Data-data penelitian ini dihimpun dari siswa penggguna instagram di SMAN 1 Muara Badak sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan akun dakwah instagram diperoleh nilai rata rata skor sebesar 2,73 yang artinya masuk ke dalam kategori sedang dan skor sikap keagamaan siswa SMAN 1 Muara badak hasilnya sebesar 3,00 yang artinya masuk ke dalam kategori sedang, penelitian ini juga menggunakan beberapa uji analisis data. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel akun dakwah memiliki nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu sebesar 4.025 > 1.980 yang artinya variabel akun dakwah memiliki pengaruh terhadap sikap keagamaan siswa di SMAN 1 Muara Badak, dan hasil dari determinasi atau (R Square) menunjukkan bahwa total pengaruh variabel akun dakwah instagram terhadap sikap keagamaan siswa SMAN 1 Muara Badak sebesar 12,6%.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectAkun dakwah, Instagramen_US
dc.titlePengaruh Akun dakwah di Instagram Terhadap Sikap Keagamaan Siswa Siswi SMAN 1 Muara Badaken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record