Implementasi Metode Eksperimen Dalam Mengembangkan Kemampuan Sains Pada Kelompok B Di TK Islamic Az-Zahra kids Tenggarong
Abstract
ABSTRAK
Rani Silvia Arinda, 2023. “Implementasi Metode Eksperimen Dalam Mengembangkan Kemampuan Sains Pada Kelompok B Di TK Islamic Az-Zahra kids Tenggarong”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Pd dan Dr. Siti Nor Asiah, M.Pd
Latar belakang penelitian ini adalah diterapkanya metode eksperimen dalam mengembangkan kemampuan sains yang melibatkan anak secara langsung melalui kegiatan eksperimen yang menggunakan media konkret seperti air berjalan, larut dan tidak larut dan pencampuran warna. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi metode eksperimen dalam mengembangkan kemampuan sains pada kelompok B tenggarong dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan metode eksperimen di TK Islamic Az-Zahra Kids Tenggarong.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Adapun lokasi penelitian ini di TK Islamic Az-Zahra Kids Tenggarong Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data terdiri dari 2 sumber data primer adalah wawancara dan sumber data skunder adalah kepala sekolah, guru, dokumentasi serta dokumen-dokumen pendukung lainnya. Keabsahan data penelitian ini menggunakan tringulasi teknik dan tringulasi waktu. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah kerja yang diterapkan Milles dan Huberman yaitu kondensasi data penyajian data dan penariakan kesimpulan.
Hasil penelitian implementasi metode eksperimen dalam mengembangkan kemampuan sains pada kelompok B di TK Islamic Az-Zahra Kids Tenggarong dilakukan dengan berbagai sebagai berikut yang pertama perencanaan yaitu mempersiapkan RPPH, menetapkan media, melakukan uji coba kegiatan eksperimen, yang kedua pelaksanaan yaitu kegiatan metode eksperimen dilakukan pada tema air, udara dan api dengan kegaiatan air berjalan, tema air, udara dan api dengan kegaitan larut dan tidak larut, tema air, api dan udara dengan kegiatan pencampuran warna, yang ketiga evaluasi yaitu guru mengevaluasi dengan mendokumentasi anak saat kegiatan berlangsung dan melakukan penilaian teknik cheklist.