Show simple item record

dc.contributor.advisorBudiana, Irwan
dc.date.accessioned2020-04-21T18:22:25Z
dc.date.available2020-04-21T18:22:25Z
dc.date.issued2019-06-24
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/401
dc.description.abstractABSTRAK Irwan Budiana. 2019. “Kurikulum Integral Berbasis Tauhid Pada Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda. Tesis, Program Studi Menejemen Pendidikan Islam Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muhammad Nasir, M.Ag dan Dr. Puriyadi, M.Si. Latar belakang penelitian ini adalah lembaga pendidikan selalu melakukan perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas lulusannya dan secara kelembagaan, mampu bersaing dengan lembaga lain khususnya pendidikan umum. Hal tersebut dilatarbelakangi anggapan bahwa sekolah islam selalu berada di belakang sekolah umum dari segi kualitas dan kuantitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang kurikulum yang dilaksanakan di pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di tiga unit pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda. Subyek penelitian terdiri dari kepala lembaga pendidikan dan pengkaderan Hidayatullah Samarinda, kepala Madrasah Aliyah, kepala Madrasah Tsanawiyah dan kepala sekolah dasar Lukman Al Hakim Pondodk Pesantren Hidayatullah Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti dan pedoman wawancara, observasi dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles-Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum dilakukan melalui rapat kerja (raker) berpedoman pada kurikulum Diknas, kurikulum Kemenag dan kurikulum kepesantrenan yan diterbitkan oleh departemen pendidiakn dasar dan menengah dewan pimpinan pusat hidayatullah. Perencanaan kurikulum di tiga unit pendidikan tersebut meliputi diagnosis kebutuhan, perumusan tujuan, seleksi dan organisasi isi, seleksi dan organisasi pengalaman belajar serta evaluasi kurikulum. Pelaksanaan kurikulum di tiga unit pendidikan di bawah naungan yayasan pondok pesantren hidayatullah samarinda dilakukan dengan sistem boarding school untuk tingkatan Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah serta full day school untuk tingkatan Sekolah Dasar Lukman Al Hakim. Kurikulum dikembangkan dengan mengacu pada standar pendidikan nasional untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dengan prinsip diversifikasi oleh satuan pendidikan, kemampuan sekolah / daerah, dan sifat siswa. Menerapkan kurikulum Integral adalah langkah strategis yang diambil oleh sebuah lemabag pendididkan untuk mendorong perubahan guna meningkatkan kualitas. Pendidikan di Indonesia agar dapat menghasilkan lulusan yang religius, luhur, cerdas, kreatif, andal, kompeten dalam menghadapi tantangan masa depan.
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.titleKurikulum Integral Berbasis Tauhid Pada Pondok Pesantren Hidayatullah Samarindaen_US
dcterms.abstractKurikulum Integral, Tauhid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record