Show simple item record

dc.contributor.authorRamli, Akhmad
dc.contributor.authorAntoni, Rivi
dc.contributor.authorZulkifli, Zulkifli
dc.contributor.authorSudadi, Sudadi
dc.date.accessioned2024-02-12T02:48:21Z
dc.date.available2024-02-12T02:48:21Z
dc.date.issued2023-12
dc.identifier.issn2654-5497
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4024
dc.description.abstractInvestigasi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan melibatkan penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan jumlah populasi 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimisme siswa berada pada tingkat yang sangat baik, sedangkan prestasi belajarnya berada pada kisaran sedang. Selanjutnya, ada korelasi positif dan signifikan antara optimisme dan prestasi akademik. Hasil menunjukkan bahwa f-hitung > f-tabel, dan nilai probabilitas tabel adalah 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05), menunjukkan hasil yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat optimisme maka semakin baik prestasi akademiknya. Fakta bahwa optimisme mempengaruhi prestasi belajar memberikan peluang untuk meningkatkan optimisme siswa. Konsekuensinya, guru memikul tanggung jawab untuk meningkatkan optimisme siswa, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan membina dan meningkatkan pola pikir optimis pada siswa, diharapkan mereka akan meningkatkan proses kognitif dan hasil akademik mereka, membuka jalan menuju kesuksesan.Kata Kunci:Prestasi Belajar, Optimisme, Siswa, Hasil Belajaren_US
dc.publisherJournal on Education Volume 06, No. 01, September-Desember 2023, pp. 2720-2726en_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titleThe Analysis of Relationship Between Level of Optimism, Learning Achievement and Character of Studentsen_US
dc.title.alternativehttps://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3308en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record