dc.description.abstract | ABSTRAK
Nila Fadila, Nim. 19111101114, 2023. Program Muslimah Care dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMK TI Labbaika Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Noorthoibah, M. Ag selaku pembimbing I dan Yunita Noor Azizah M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan dalam lokasi penelitian, yaitu ditemukannya siswa yang membuka auratnya ketika di luar sekolah, sedangkan di sekolah siswa tersebut menutup auratnya dengan baik, oleh karena itu SMK TI Labbaika Samarinda memilih Program Muslimah Care sebagai wadah para siswa perempuan mengikuti kegiatan keagamaan, yang didalamnya berisi kegiatan pembelajaran yang akan menambah ilmu agama bagi siswa sehingga terbentuk karakter religius siswa yang baik sesuai anjuran agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Program Muslimah Care di SMK TI Labbaika Samarinda.
Penelitian ini berjenis kualitatif dengan deskriptif analisis. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah koordinator Program Muslimah Care SMK TI Labbaika Samarinda, Pengajar Program Muslimah Care SMK TI Labbaika Samarinda, dan beberapa siswa yang mengikuti Program Muslimah Care. Adapun uji keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dengan tahap pengumpulan data, kategorisasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan dalam Program Muslimah Care memiliki tujuan yaitu menambah ilmu agama bagi siswa sehingga terbentuk karakter religius siswa yang baik sesuai anjuran agama dan juga memiliki target kepada siswa untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diajarkan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Pelaksanaan kegiatan Program Muslimah Care berjalan dengan lancar, di dalamnya berisi kegiatan pembelajaran fiqih wanita dan muhadhoroh. Pengajar menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dalam pelaksanaan pembelajaran program Muslimah care, dengan menggunakan LCD Proyektor menampilkan materi dalam bentuk Power Point dan buku panduan. 3) Evaluasi kegiatan program Muslimah care terdapat pada absensi kehadiran siswa yang mempengaruhi nilai keagamaan individu siswa di akhir semester saat penginputan nilai raport. Siswa merasa banyak perubahan memiliki karakter religius dalam dirinya setelah mengikuti Program Muslimah care, walaupun tidak semua indikator karakter religius mereka bisa penuhi, oleh karena itu program Muslimah care ini berjalan sesuai dengan perencanaan dari diadakannya Program Muslimah Care di SMK TI Labbaika Samarinda. | en_US |