Pengaruh Prestasi Akademik dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Maya Herdilla, 2023. “Pengaruh Prestasi Akademik dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Skripsi, Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Riswan, S.Pd., M.Si selaku pembimbing I, dan A. Rivai Beta, S.Pd., S.Psi., M.I.Kom selaku pembimbing II.
Kesiapan kerja mencerminkan situasi di mana seseorang memiliki kondisi fisik, kematangan mental, dan pengalaman yang memungkinkannya untuk berhasil dalam suatu pekerjaan yang telah dijalani. Dalam teori ini, diasumsikan bahwa prestasi akademik dan soft skill adalah dua faktor yang berpotensi memengaruhi peningkatan kesiapan kerja mahasiswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana prestasi akademik, soft skill, dan kesiapan kerja mahasiswa FUAD UINSI Samarinda. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh prestasi akademik, soft skill secara parsial dan simultan terhadap kesiapan kerja.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampel yaitu metode random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang, dengan kriteria mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) terdapat pengaruh secara simultan varibel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 75,5%. Sedangkan untuk hasil uji T dimana prestasi akademik secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja dapat dilihat dari nilai T hitung < t tabel (- 0.099 < 2,375) dengan nilai signifikan 0,921 > 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dan soft skill secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja dapat dilihat dari nilai T hitung > T tabel (15,391 > 2,375) dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.