Permainan Tradisional Untuk Menstimulus Perkembangan Sosial Emosi Anak Kelompok B Kelas Al-Furqon di TK Labbaika Kota Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Rofingatul Saniah, 2023, “Permainan Tradisional Untuk Menstimulus Perkembangan Sosial Emosi Anak Kelompok B Kelas Al-Furqon di TK Labbaika Kota Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Robingatin, M. Ag dan Bapak Wildan Saugi, M. Pd.
Latar belakang penelitian yaitu saat ini anak-anak berada pada masa modern, dimana semua kecanggihan teknologi terlihat jelas dan masyarakat menikmati kehidupan serba mudah berkat adanya teknologi modern. Hal ini berdampak pada perkembangan sosial emosi anak, karena kemudahan teknologi tersebut. Salah satu daerah yang jarang terlihat permainan tradisonalnya adalah di lingkungan kota. Bahkan nilai-nilai kebudayaannya sudah banyak yang tidak mengenalnya. Hal ini sangat berpengaruh pada perkembangan anak jika permainan modern terus dimainkan maka akan memberikan dampak negatif untuk generasi anak bangsa. Sekolah yang diteliti yaitu TK Labbaika, di Kelas AlFurqon yang telah menerapkan 3 permainan tradisional yaitu ampar-ampar pisang, ular naga, dan tarik tambang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui carapelaksanaan dari permainan tradisional untuk menstimulasi perkembangan sosial emosi anak kelompok B kelas AL-Furqon di TK Labbaika Kota Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan yaitu data primer yang meliputi observasi sekolah dan wawancara dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru. Data sekunder meliputi profil sekolah, visi misi, daftar tenaga pendidik, foto-foto pendukung hasil penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik yang berupa teknik wawancara, observasi serta dokumentasi dan triangulasi sumber berupa wawancara dari kepala sekolah dan guru kelas. Analisis data penelitian menggunakan model yang diterapkan oleh Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dari data yang dikumpulkan menyatakan bahwa permainan tradisional ampar-ampar pisang, ular naga, dan tarik tambang yang dilakukan oleh anak dapat melatih anak untuk berinterkasi, anak mau menaati peraturan yang berlaku, anak dapat bekerja sama dalam menyelesaikan masalah, anak dapat mengekspresikan perasaannya, anak mau mengungkapkan pendapat secara sederhana, dan anak bisa mengungkapkan rasa senang sedih dalam melakukan kegiatan. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian permainan tradisional ini bisa menstimulus perkemangan sosial emosi anak kelompok B kelas Al-furqon di TK Labbaika Kota Samarinda.