Show simple item record

dc.contributor.advisorHadidtia, Wachyu
dc.date.accessioned2020-04-21T18:35:54Z
dc.date.available2020-04-21T18:35:54Z
dc.date.issued2018-12-15
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/403
dc.description.abstractABSTRAK Wachyu Hadidtia. 2019. Analisis Penerapan Etika dan Manajemen Bisnis Islam Pada Gerai Panglima Samarinda. Tesis Program Studi Ekonomi Syari’ah (ES). Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Darmawati, M.Hum sebagai pembimbing I dan Dr. H. Moh, Mahrus, S.Ag, M.HI sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi tumbuhnya pebisnis sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang dianggap sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia pasca krisis moneter tahun 1998. Namun dari sekian banyak pelaku usaha tersebut hanya sedikit yang dapat bertahan dan berkembang pada rentang lima tahun sejak unit bisnis tersebut dirintis. Beberapa factor penentu kesukesan sebuah bisnis diantaranya adalah penerapan etika dan manajemen bisnis. Islam secara umum mengatur tentang prinsip-prinsip etika dan manajamen bisnis. Hal ini bermanfaat bagi pengusaha muslim agar bisnis yang dijalankan dapat bernilai ibadah, sebagai wasilah menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Oleh sebab itu, tulisan ini dimaksudkan untuk melakukan penelitian tentang Analisis Penerapan Etika dan Manajemen Bisnis Islam Pada Gerai Panglima Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam dan untuk mengetahui penerapan manajemen bisnis Islam pada Gerai Panglima Samarinda. Metode Penelitian pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi kepada pihak pengelola, karyawan dan konsumen yang terkait etika dan manajemen bisnis Islam pada Gerai Panglima Samarinda. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan etika bisnis Islam pada Gerai Panglima Samarinda berupa nilai-nilai Tauhid dijadikan landasan perusahaan yang berdampak pada peraturan dan kebijakan perusahaan. Standar Operational Prosedur dalam melayani konsumen mencerminkan nilai kejujuran yakni dengan memberikan informasi kepada konsumen tentang masa kadaluarsa sebuah produk, terutama bagi pembeli yang akan membawa produk Gerai Panglima keluar kota. Mengelola harta pemodal dengan amanah ini dibuktikan dengan peningkatan penjualan dan pengembangan produk yang dilakukan oleh pengelola Gerai Panglima dengan bersandar pada laporan keuangan tahunan. Penerapan Tabligh berupa pelayanan kepada konsumen saat berada di outlet dan pengajian rutin setiap bulan yang membahas tentang bisnis Islam. Penerapan kebijakan perusahaan yang mewajibkan karyawan untuk melaksanakan shalat berjamaah. Pemilihan akad kerjasama bisnis mudarabah dan sertifikasi halal produk dilakukan dalam rangka mewujudkan bisnis yang halal dan berkah. Menghimbau karyawan untuk bersedekah minimal 2,5% dari penghasilan bulanan.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.titleAnalisis Penerapan Etika dan Manajemen Bisnis Islam Pada Gerai Panglima Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record