dc.description.abstract | ABSTRAK
Mutmainnah, 2019. Metode Pendidikan Akhlak Dalam Tindakan Preventif Dekadensi Moral Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Tanah Grogot. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Samarinda.
Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. M. Abzar D, M. Ag sebagai pembimbing I dan
Dr. H. Puriyadi, M. SI sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya pengaruh kemerosotan akhlak terhadap individu manusia dan suatu bangsa. Perkembangan akhlak kemerosotan yang menjadi isu dekadensi moral siswa akhir-akhir ini banyak mendapat sorotan dari masyarakat luas. Hal ini dibuktikan dengan maraknya kasus-kasus kenakalan remaja yang terjadi baik di sekolah maupun lingkungan masyarakat seperti: tidak disiplin, membolos, berkelahi, merokok, membuat kegaduhan hingga hamil diluar nikah. Untuk itu dibutuhkan pendidikan akhlak bagi para siswa. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Realita Metode Pendidikan Akhlak pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Tanah Grogot, (2) Dekadensi Moral Siswa yang di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Tanah Grogot (3) Metode Pendidikan Akhlak Dalam Tindakan Preventif Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Tanah Grogot.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 18 orang yang terdiri dari dua kepala sekolah, enam guru, dan empat siswa, dua pengurus komite sekolah, dua karyawan sekolah, dan dua orang tua siswa. Teknik analisis data mengacu pada pendapat Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini antara lain adalah sebagai beikut: (1) Realita metode pendidikan akhlak pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Tanah Grogot meliputi keteladanan, pembiasaan, nasehat, dan hukuman, (2) Dekadensi moral di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
2 dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Tanah Grogot, faktor-faktor yang mempengaruhi sikap perilaku yang kurang terpuji, antara lain antara lain: guru tidak disiplin, guru kurang menarik dalam menerangkan materi pelajaran, guru kurang komunikatif, guru mengajar dengan keras.(3) Metode pendidikan akhlak dalam tindakan preventif dekadensi moral siswa: Perlu menambah metode pembelajaran pendidikan yang lebih bervariasi, Menguatkan pendidikan agama dalam keluarga, Menguatkan pendidikan agama dan moral di Sekolah, Meningkatkan profesionalisme guru dan pengawasan terhadap peserta didik, Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pendidikan.
Kata kunci: metode pembelajaran pendidikan akhlak dan dekadensi moral | en_US |