dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengkajihubungan langsung antara evaluasi kemampuan manajerial guru dan kinerja mereka sebagai guru. Memeriksa bagaimana guru merasakan pengaruh supervisi kepala sekolahterhadap kinerja mereka. Melalui supervisi kepala sekolah, mengkaji dampak tidak langsung evaluasi kompetensi manajerial guru terhadap kinerja guru. Dan menyelidiki bagaimana kemampuan administrasi kepala sekolah mempengaruhi persepsi guru tentang supervisi terhadap kinerja guru. Studi analisis jalur dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap kompetensi manajerial berdampak langsung terhadap kinerja guru sebesar 44%, persepsi guru terhadap supervisi kepala sekolah berdampak langsung sebesar 22%, persepsi guru terhadap kompetensi manajerial berdampak tidak langsung sebesar 0,091 terhadap kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah, dan persepsi guru terhadap supervisi memiliki pengaruh tidak langsung sebesar 0,091 terhadap kinerja guru melalui pandangan guru terhadap kemampuan manajerial kepala sekolah dan pengawasan terhadap kinerja guru sebesar 84,3% secarabersamaan.Kata kunci: Persepsi, Kompetensi Managerial, Supervisi, Kinerja Guru | en_US |