Kemandirian Belajar Siswa pada Mapel PAI di SMP PGRI 4 Balikpapan Utara
Abstract
ABSTRAK
Mohammad Yusuf Hambali, 2023. ‘Kemandirian Belajar Siswa pada Mapel PAI di SMP PGRI 4 Balikpapan Utara’ Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Ibu Dr. Robingatin, M. Pd. sebagai pembimbing I dan Ibu Yunita Noor Aziizah, M. Pd. sebagai pembimbing II.
Latar belakang dalam masalah penelitian ini di SMP PGRI 4 Balikpapan, Siswa dituntut untuk bisa belajar mandiri dan harus memiliki kesiapan kemandirian belajar. Sikap mandiri akan dimiliki siswa dengan cepat, tetapi harus mebutuhkan kesadaran diri, kebiasaan dan latihan kedisiplinan yang bertahap. Sedangkan bagi siswa yang kurang memiliki kemandirian, mereka akan malu dan takut mengungkapkan pendapatnya dan dalam menyelesaikan masalahnya mereka cenderung bergantung kepada orang lain.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif Sumber data adalah kepala sekolah, guru PAI dan beberapa siswa kelas VII-IX. dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tringulasi sumber data, tringulasi metode dan trianggulasi teori.Maka, peneliti memberikan kesimpulan dari hasil penelitian tersebut, bahwa, mandiri dalam belajar sepenuhnya memang berada pada diri sendiri tetapi perlu adanya pergaulan yang menghasilkan pikiran bahkan tindakan positif berupa motivasi dari dalam diri sendiri maupun luar (lingkungan terkecil keluarga dan lingkungan luar seperti sekolah dll). Seorang Muallim atau pendidik sebagai perantara ataupun orang tua dari siswa.
Didalam kemandirian belajar sering terjadi dalam proses kegiatan belajar mengajar contoh dari hal terkecil siswa masih sering melihat jawaban dari temannya atau tidak percaya dengan jawabannya sendiri ini yang akan mengindikasikan siswa tersebut belum mandiri, terkadang lagi ketika guru tersebut memberikan tugas dan diberi batas waktu pengumpulan tetapi siswa tersebut tidak mengerjakannya/dikumpulkan dengan waktu yang sdh ditentukan/terlambat. Maka upaya yang dilakukan oleh siswa ialah mampu menguasai materi yang disampaikan oleh guru dan paham kewajibannya sebagai seorang siswa, memiliki sikap tanggung jawab, dispilin, empati dan patuh dengan orang tua dan guru. Seperti yang dijelaskan dalam surah Ar-Rad ayat 11 Artinya: sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri.