Show simple item record

dc.contributor.authorNur Azis, Muhammad Fiqry
dc.date.accessioned2024-02-21T03:08:30Z
dc.date.available2024-02-21T03:08:30Z
dc.date.issued2023-09-14
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4064
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Fiqry Nur Azis, 2023, “Metode Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Antasari Samarinda”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Dalam penelitian dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI selaku pembimbing I dan Rega Armella, M.Pd selaku pembimbing II. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang guru gunakan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa serta untuk mengetahui factor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Antasari Samarinda. Dalam pendidikan, Al-Qur’an Hadits merupakan salah satu mata pelajaran Agama yang menjadi sumber hokum utama dalam Agama Islam. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data primer dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru dan siswa MTs Antasari Samarinda. Adapun sumber data sekunder yang digunakan yaitu gambaran umum MTs Antasari Samarinda seperti profil sekolah, identitas sekolah, visi misi, struktur organisasi sekolah, dan data pegawai MTs Antasari Samarinda. Mengadakan keabsahan data dengan teknik triagulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif analitis dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa para siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadis ialah background para siswa yang kurang lebih 50% berasal dari sekolah dasar karena kurangnya dibekali ilmu pengetahuan agama islam yang lebih dalam sehingga sebagian para siswa MTs Antasari Samarinda mengalami kesulitan pada mata Pelajaran Al-Quran Hadis. Dengan latar belakang tersebut para siswa tentunya mengalami kesulitan dalam hal membaca, menulis, serta menghafalkan ayat dan surah-surah yang ada di dalam Al-Quran maupun hadis-hadis. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami oleh para siswa, guru Al-Quran Hadis memiliki metode untuk mengatasi hal tersebut diantaranya dengan menggunakan metode ceramah dan metode Tanya jawab serta memberikan penugasan kepada para siswa dan membuat kerja kelompok agar membuat para siswa menjadi lebih paham dan membuat para siswa menjadi lebih aktif didalam proses pembelajaran.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMetode Guru, Kesulitan Belajaren_US
dc.titleMetode Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Antasari Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record