Pengaruh Sarana Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD Islam Al Azhar 47 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Putri Rabiatul, 2023. “Pengaruh Sarana Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD Islam Al Azhar 47 Samarinda''. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Hj. Ananiah, M, M. Pd selaku pembimbing I dan Anggie Nadia Dinihari, M. Pd. selaku pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian ini adalah kendala sarana pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa seperti internet yang kurang memadai. Sarana merupakan fasilitas yang memudahkan dan melancarkan selama proses belajar mengajar sehingga memotivasi belajar siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar yaitu cita-cita dan apresiasi siswa, kemampuan siswa, kondisi siswa, kondisi lingkungan siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi motivasi belajar yaitu faktor individual, sosial, menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar, kegiatan belajar, membesarkan semangat belajar, menyadarkan adanya proses belajar, dan kemudian bekerja yang berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat adakah terdapat pengarauh yang sangat signifikan dari sarana pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di SD Islam Al azhar 47 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SD Islam Al Azhar 47 Samarinda, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa kelas VI dengan teknik purposive sampling. Uji coba soal menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji linearitas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data pada penelitian ini menggunakan uji korelasi dan uji regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa sarana pembeljaran signifikansi berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 62,7% sementara 37,3% lainya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil korelasi product moment menunjukan korelasi antara sarana pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di SD Islam Al Azhar 47 Samarinda yaitu 0,792 bila dituliskan dengan tabel interpretasi r berbeda diantara 0, 600-0, 799 yang artinya berkorelasi secara “kuat” dan bentuk hubungan yang dihasilkan adalah positif. Dari hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,792 dan diperoleh besarnya nilai koefisien determinasi (r square) sebesar 0,627. Dengan hasil ini maka hipotesis H1 terdapat pengaruh positif dengan signifikan antara sarana pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di SD Islam Al Azhar 47 Samarinda dapat diterima.