dc.description.abstract | ABSTRAK
Rahmadi Razaq Ikhsan, 2023, “Implementasi Program Literasi Al-Quran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 14 Samarinda”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Dalam penelitan dimbing oleh Gianto, S.Pd, S.IPI, M.Pd selaku pembimbing I dan Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang dari penelitan ini adalah bahwa di SMK Negeri 14 Samarinda peneliti menemukan adanya pelaksanaan kegiatan literasi Al-Quran, sekolah ini tidak berbasis sekolah agama yang menerapkan program literasi AlQur’an melainkan sekolah kejuruan atau sekolah umum yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di SMK Negeri 14 Samarida. Di sini peneliti ingin mengetahui bagaimana terlaksana program literasi Al-Quran di SMK Negeri 14 Samarinda ini berlangsung
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dan metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data diperoleh dari data primernya yakni guru penanggung jawab dan siswa sedangkan data sekundernya yakni dari Kepala Sekolah serta buku atau literatur yang konseptual terkait dengan penelitian, sedangkan teknik keabsaan data peneliti menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan Reduksi data, Display data, Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan berdasarkan dari kegiatan literasi AlQuran di SMK Negeri 14 Samarinda bermula dari dilaksanakannya kegiatan positif yang di dukung oleh semua pihak dan selaras juga dengan visi misi sekolah yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan untuk warga sekolah, kegitan literasi AlQuran ini dilaksanakan sebelum memasuki kegiatan belajar mengajar (KBM) sekitar 5-10 menit yang dipimpin oleh salah satu siswa yang sudah disaring dan dipilih untuk memimpin proses kegiatan literasi Al-Quran dipagi hari, siswa yang terpilih tersebut merupakan siswa ekskul Rohis di dalam ekskul Rohis tersebut mereka sudah dibimbing dari segi bacaan, harakat dan tajwidnya dengan baik bahkan ada beberapa siswa yang sudah pernah mengikuti MTQ sehingga seluruh siswa dan warga sekolah tinggal mengikuti bacaan yang dibaca oleh pemimpin literasi Al-Quran pada saat itu, tempat pelaksanaannya di ruang piket di dalamnya sudah tersedia keperluan untuk kegiatan literasi Al-Quran agar kegiatan tersebut terlaksana dengan baik dan juga guru agamanya langsung mengawasi siswa yang memimpin proses kegiatan literasi Al-Quran. | en_US |