dc.contributor.author | Diana, Siti Rahmah | |
dc.contributor.author | Afendi, Achmad Ruslan | |
dc.contributor.author | Sudadi, Sudadi | |
dc.date.accessioned | 2024-02-27T00:35:00Z | |
dc.date.available | 2024-02-27T00:35:00Z | |
dc.date.issued | 2023 | |
dc.identifier.issn | 2614-3097 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4083 | |
dc.description.abstract | Pembentukan karakter sangat dekat kaitannya dengan pendidikan agama islam yang dapat mengembangkan nilai-nilai akhlak bagi anak didik. Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan pengajaran agama Islam dalam upaya membentuk karakter peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa observasi dan wawancara. Untuk melaksanakan analisis data kualitatif ini maka perlu ditekankan beberapa tahapan dan langkah-langkah yaitu reduksi kata dan penyajian data serta verifikasi. Hasil dari penelitianmenunjukkan strategi yang diterapkan guru PAI dalam menanamkan dan membentuk karakter yang baik bagi siswa tidak di jam pembelajaran tetapi di luar jam pembelajaran bisa ditambahkan, meningkatkan materi pembelajaran tentang akhlak dan sopan santun, memberikan motivasi dan perhatian kepada siswa, metode pembiasaan dan Kegiatan Ekstrakurikuler: kegiatan ektrakurikuler meliputi: meliputi Tahfidzul Quran (menghafal Quran) dan khitabah. Pendidikan agama Islam memiliki peranan penting dan strategis dalam upaya pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan untuk mencapai cita-cita tujuan pendidikan nasional.Kata Kunci:Pendidikan Agama Islam, Karakter, Siswa | en_US |
dc.publisher | Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023 | en_US |
dc.subject | Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.title | Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pada Peserta Didik di SMPN 6 Tenggarong Seberang | en_US |
dc.title.alternative | https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6091 | en_US |
dc.type | Article | en_US |