dc.description.abstract | ABSTRAK
Rabiatul Yuniar, 2023, “Pengaruh Perilaku Cyberslacking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Rumpun PAI di MTs Al Misra Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr.Hj.Fathul Jannah, M.SI dan Ibu Muthia Umi Setyoningrum, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini tentang perilaku cyberslacking atau perilaku penggunaan internet yang tidak berkaitan dengan pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas dan hal ini mempengaruhi proses belajar mengajar di kelas, tentu perilaku cyberslacking menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari dalam dunia pendidikan. Hal ini dapat menjadi faktor menurunnya motivasi belajar siswa di sekolah. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui besarnya perilaku cyberslacking, besarnya mengetahui motivasi belajar siswa, serta untuk mengetahui pengaruh perilaku cyberslacking terhadap motivasi belajar siswa dalam rumpun PAI di MTs Al-Misra Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan populasi 418 siswa. Sampel dalam penelitian Ini yaitu 92 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan angket, observasi, dan wawancara. Teknik keabsahan data uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi product moment, uji T, dan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa perilaku cyberslacking siswa kelas VII di Mts Al-Misra Samarinda dalam kategori sangat tinggi yaitu dengan skor nilai 135,8 dan presentasi frekuensi jawaban sebesar 70,7% dan motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Al-Misra Samarinda dalam kategori sangat rendah yaitu dengan skor nilai 92,95 dan presentase frekuensi jawaban sebesar 77,2 %. Adapun berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh 0,000 < 0,05 yang artinya variabel X memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Selain itu, menurut hasil uji t taraf signifkansi 5% diperoleh t hitung -7,415> t tabel 1,986, oleh karena itu hipotesis diterima dan berpengaruh ke arah negatif secara signifikan. Adapun besar pengaruh perilaku cyberslacking terhadap motivasi belajar ialah sebesar 37,9% dan 62,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Berdasarkan penelitian yang ada, dapat disimpulkan bahwa perilaku cyberslacking memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar dalam rumpun PAI pada siswa kelas VII di MTs Al-Misra Samarinda. | en_US |