Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Merdeka Belajar
Abstract
ABSTRAK
Nur Azimatun Naima, 2023. Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Merdeka Belajar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag dan Indriana Rahmawati, M.Pd.
Latar Belakang penelitian ini berangkat dari dicanangkannya kebijakan baru dalam sistem pendidikan di Indonesia yaitu kebijakan Merdeka Belajar oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bapak Nadiem Anwar Makarim. Dimana kebijakan tersebut terinspirasi dari gagasan-gagasan Ki Hajar Dewantara. Merdeka belajar bertujuan untuk mencetak Sumber Daya Manusia Indonesia yang unggul dan berkarakter agar siap dan relevan dengan kebutuhan zaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik dokumentasi dengan cara mengumpulkan, membaca, dan mencatat data yang relevan baik yang didapatkan secara online maupun offline yang dapat dijadikan sebagai sumber utama maupun pendukung untuk data penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan content analysis atau analisis isi.
Hasil penelitian yang penulis peroleh dari penelitian konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dan relevansinya dengan merdeka belajar menunjukkan bahwa konsep merdeka belajar berbekal dari gagasan-gagasan Ki Hajar Dewantara. Dilihat dari adanya kerelevansian antara pokok-pokok kebijakan merdeka belajar dengan azas tamansiswa, trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan penyederhanaan RPP, sistem among dengan penghapusan UN dan USBN, serta tripusat pendidikan dengan sistem zonasi.