Implementasi Program Tahfidz AlQur’an Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Maulana Bagus, 2023. Implementasi Program Tahfidz AlQur’an Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Iwan Abdi, M.Pd, M.SI sebagai pembimbing I dan Atika Muliyandari, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda terpilih menjadi sekolah yang mengacu pada program pengembangan keagamaan, yang di dalamnya terdapat program tahfidz Al-Qur’an yang memiliki konsep semi pesantren, MAN 2 Samarinda memiliki tiga jenis program tahfidz yaitu program tahfidz di asrama dengan target hafalan enam juz Al-Qur’an, kemudian tahfidz ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh semua jurusan, kemudian tahfidz yang dimuat kedalam jadwal pembelajaran dengan target satu juz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di MAN 2 Samarinda dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari program tahfidz AlQur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah waka kesiswaan, pembina tahfidz dan siswa tahfidz. Setelah data dikumpulkan peneliti menganalisis data tersebut dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik keabsahan data dengan triangulasi yang meliputi sumber, teknik dan waktu.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) berdasarkan implementasi program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di MAN 2 Samarinda mencakup tiga komponen yaitu a. Perencanaan program tahfidz meliputi tahfidz asrama, tahfidz ekstrakurikuler dan tahfidz pada jam pelajaran b. Pelaksanaan program tahfidz tersebut dilaksanakan sesuai dengan apa yang direncanakan kemudian pelaksanaanya adalah membaca dan menghafalkan AlQur’an sehingga memberikan pada peningkatan kecerdasan spiritual siswa yang menunjukkan sikap siddiq, amanah, istiqomah dan fathanah c. Evaluasi program tahfidz Al-Qur’an mencakup dua bentuk yaitu evaluasi terhadap kualitas bacaan siswa dan kuantitas seberapa banyak jumlah hafalan Al-Qur’annya. 2) Faktor pendukungnya adalah semangat dan minat yang tinggi dalam menghafal dan mempelajari Al-Qur’an, motivasi dan dukungan dari orang tua siswa, guru Pembina tahfidz serta arahan dan bimbingan di sekolah tersebut, serta fasilitas-fasilitas yang menunjang dan memadai. Faktor penghambatnya adalah waktu mereka yang padat, dan diterapkannya sistem fullday school.