Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Pemahman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Haji Dan Umrah Siswa Kelas VIII MTs Antasari Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Aufa Rif’atu Rohmah, 2023 “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Pemahman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Haji Dan Umrah Siswa Kelas VIII MTs Antasari Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian skripsi ini peneliti ingin mencoba menerapkan metode yang jarang digunakan, mengingat materi fiqih sendiri terdapat banyak kegiatan dalam proses pembelajarannya yang memerlukan praktek langsung, oleh karenanya dibutuhkan metode pembelajaran yang mudah dipahami siswa dan dapat menjadi peristiwa yang berharga sebagai pengalaman siswa selama bersekolah. Diharapkan melalui seni peran para siswa dapat memperkuat pemahaman materi pembelajaran dengan penggunaan metode Role Playing dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian skripsi ini untuk mengetahui adanya pengaruh metode Role Playing terhadap pemahaman siswa mata pelajaran fiqih materi haji dan umrah MTs Antasari Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment pretest posttest group design, populasi dari penelitian ini yakni siswa kelas VIII MTs Antasari Samarinda yang berjumlah 58 siswa, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling sampel jenuh dengan mengambil seluruh siswa kelas VIII, dengan kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis uji-t untuk mengetahui pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Role Playing.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa terdapat Pengaruh Metode Role Playing terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi haji dan umrah siswa kelas VIII MTs Antasari Samarinda dengan uji hipotesis melalui Independen samples test. Berdasarkan output posttest eksperimen dan posttest control diperoleh nilai sig.(2 tailed) sebesar 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa untuk posttest kelas kontrol dengan posttest eksperimen (metode Role Playing). Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan setelah dilakukan (treatment) metode pembelajaran Role Playing terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi haji dan umrah kelas VIII MTs Antasari Samarinda.