Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moral dalam Perspektif Islam Bagi Anak Pada Keluarga Mualaf (Analisis Keluarga Mualaf Suku Dayak di Desa Budaya Pampang)
Abstract
ABSTRAK
Riska Nuraini, 2023. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moral dalam Perspektif Islam Bagi Anak Pada Keluarga Mualaf (Analisis Keluarga Mualaf Suku Dayak di Desa Budaya Pampang)”. Skripsi, Jurusan Pemberdayaan Masyarakat Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Abubakar Idham Madhani, M. Ag dan Rudy Hadi Kusuma, M. Pd.
Orangtua memiliki peran dan tanggung jawab untuk menanamkan nilai-nilai moral dalam perspektif Islam kepada anak-anaknya. Tidak peduli sejauh mana orangtua mualaf memahami metode dan strategi mengasuh anak dalam perspektif Islam, mereka harus tetap mendidik dan menanamkan nilai-nilai moral dalam perspektif Islam kepada anak mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi penanaman nilai-nilai moral dalam perspektif Islam bagi anak pada keluarga mualaf suku Dayak di Desa Budaya Pampang. Untuk menganalisis permasalahan tersebut,
penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan 2 keluarga mualaf suku Dayak di Desa Budaya Pampang dan tokoh agama di Desa Budaya Pampang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles, Huberman, dan Saldana meliputi 3 langkah analasis data yaitu: langkah pertama adalah memilih, menyederhanakan, mengabstrakkan atau mengubah data menjadi catatan lapangan tertulis, transkip wawancara atau dikenal sebagai kondensasi data, kemudian langkah kedua adalah penyajian data, serta langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi. Peneliti menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga mualaf menggunakan empat strategi. Strategi yang pertama adalah pembiasaan, nilai yang diterapkan pada strategi pembiasaan adalah nilai-nilai moral agama (Diniyah) dan nilai-nilai moral bernegara (Daulah). Strategi yang kedua adalah keteladanan, nilai yang diterapkan pada strategi ini terdapat nilai-nilai moral keluarga (Usariyah). Strategi yang ketiga adalah nasihat, nilai yang diterapkan pada strategi ini adalah nilai moral sosial masyarakat (Ijtima’iyah). Strategi keempat adalah strategi penghargaan, nilai yang diterapkan pada strategi ini adalah nilai moral perseorangan (Fardhiyyah). Sehingga dari lima nilai-nilai moral tersebut ditemukan dalam strategi yang berbeda-beda. Nilai-nilai moral agama (Diniyah) dan nilai-nilai moral bernegara (Daulah) ditemukan pada strategi pembiasaan. Sedangkan nilai-nilai moral keluarga (Usariyah) ditemukan pada strategi keteladanan. Nilai-nilai moral sosial masyarakat (Ijtima’iyah) ditemukan pada strategi nasihat, dan nilai-nilai moral perseorangan (Fardhiyyah) ditemukan pada strategi penghargaan.