View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Baca Tulis Al-qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Siswa di MTs Al-Misra Samarinda

Thumbnail
View/Open
Neni Sunariyah.docx (16.60Kb)
Date
2023-09-21
Author
Sunariyah, Neni
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Neni Sunariyah, 2023. “Pengaruh Baca Tulis Al-qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Siswa di MTs Al-Misra Samarinda”, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Peneliti ini di bimbing oleh bapak Muhammad Iwan Abdi M.Si dan ibu Rumainur M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kemampuan membaca AlQur’an di MTs Al-Misra Samarinda, melalui waktu yang singkat dan pertemuan yang kurang efektif, masih banyak siswa yang belum lancar membaca al-Qur’an sesuai dengan standar yang diinginkan, apalagi bagi siswa kelas VIII yang masuk dan duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah dari Sekolah Dasar dan Latar belakang yang berbeda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penelitian kuantitatif yang datanya dideskripsikan dalam bentuk angka-angka dan dihasilkan melalui perhitungan dengan rumus statistik. Populasi yang berjumlah 165 siswa dan sampel penelitian sebanyak 50 siswa dengan tekhnik pengambilan sampel menggunakan rondem sampling. Uji keabsahan data dengan uji validitas dan reabilita. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data uji korelasi product moment, uji T dan uji Determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata tes kemampuan membaca Al-Qur’an termasuk dalam kategori baik dengan nilai 79,22 terdapat berpengaruh signifikan yang positif antara pembelajaran baca tulis Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca siswa di tunjukan dengan nilai signifikansi sebesar 0,610 pada uji korelasi, dengan nilai interprestasi terdapat diantara nilai 0,60-0,799 dimana terdapat pengaruh yang kuat antara kedua variabel. Berdasarkan hasil signifikansi diperoleh thitung lebih besar dari ttabel sebesar 0.6794 > ttabel, 1.677 yang artinya dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran baca tulis al-qur’an dan kemampuan membaca siswa MTs Al-Misra Samarinda dan berdasarkan hasil nilai rata-rata tes baca al-Qur’an siswa MTs Al-Misra Samarinda dengan nilai rata-rata 79,22%. yaitu berada di interval 69-73 dengan kategori “cukup baik”.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4171
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [864]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV