dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana gaya kepemimpinan, motivasi, dan kepuasan kerja mempengaruhi efektivitas guru. Penelitian semacam ini bersifat kuantitatif. Peserta dalam penelitian ini adalah semua pendidik. 50 responden digunakan untuk proses pengambilan data berbasis sampling jenuh. SPSS digunakan untuk memperoleh data penelitian ini melalui analisis regresi berganda pada dokumentasi dan kuesioner. Tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan adjusted r-s quare 0,43 dari temuan penelitian, yang menunjukkan hubungan simultan dan substansial antara gaya kepemimpinan, motivasi, dan kepuasan kerja dan kinerja guru. Selebihnya dijelaskan oleh faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan penelitian ini. Secara parsial, kebahagiaan kerja, motivasi, dan gaya kepemimpinan memiliki dampak yang besar terhadap kinerja guru. Semua faktor ini juga memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja guru.Kata kunci: gaya kepemimpinan, motivasi, kepuasan kerja, kinerja, guru | en_US |