Pelaksanaan Literasi Al-Quran di SMA Negeri 1 Loa Kulu
Abstract
ABSTRAK
Nurrahma Destrya, 2023. “Pelaksanaan Literasi Al-Quran di SMANegeri 1 Loa Kulu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Jannah, M.SI selaku pembimbing I dan Hajriana, M.Pd selaku pembimbing II.
Salah satu kompetensi dasar pendidikan agama Islam yaitu siswa mampu membaca dan memahami makna Al-Quran. Sekolah menjadi salah satu lembaga pendidikan untuk mengajarkan siswa terbiasa membaca Al-Quran. SMA Negeri 1 Loa Kulu merupakan satu-satunya sekolah unggulan di kecamatan Loa Kulu. Sekolah yang berada dibawah naungan Kemendikbud ini mampu menerapkan literasi membaca Al-Quran sebagai kegiatan keagamaan secara rutin. Melalui hasil observasi awal peneliti menemukan tidak semua siswa mampu membaca AlQuran sesuai kaidah ilmu tajwid dan bahkan masih ada siswa yang belum mampu membaca Al-Quran sama sekali. Sehingga dengan adanya kegiatan literasi Al-Quran di SMA Negeri 1 Loa Kulu tujuannya agar mengajarkan dan membiasakan siswa membaca Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan literasi Al-Quran di SMA Negeri 1 Loa Kulu.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui tiga teknik tersebut kemudian diperiksa keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Miles dan Huberman dengan tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) perencanaan pelaksanaan literasi Al-Quran menggunakan metode pembiasaan dengan menentukan tujuan, target pelaksanaan, menetapkan jadwal, waktu dan tempat, yang terlibat dalam kegiatan, serta menentukan pendamping tutor sebaya (2) pelaksanaan literasi Al-Quran dilakukan secara rutin setiap hari dengan membagi kelompok menjadi kelas Iqra‟ dan kelas Al-Quran, sistem pembelajaran yang digunakan pada kelas Iqra‟ adalah tutor sebaya dan kelas Al-Quran adalah bimbingan khusus dari guru, Pembina menggunakan metode privat saat di kelas Iqra‟ dan metode klasikal saat di kelas Al-Quran, dan guru memberikan penguatan terkait dengan materi pembelajaran yang telah berlangsung (3) Evaluasi pada pelaksanaan literasi Al-Quran diantaranya evaluasi harian dan evaluasi akhir semester.