Show simple item record

dc.contributor.authorLidiyawati, Puji
dc.date.accessioned2024-03-27T01:40:20Z
dc.date.available2024-03-27T01:40:20Z
dc.date.issued2023-11-03
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4203
dc.description.abstractABSTRAK Puji Lidiyawati, 2023, “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Norma Kesopanan Siswa Di MI At-Tarbiyah Loa Janan”. Skripsi program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulis skripsi ini dibawah bimbingan Prof. Dr.Zurqoni,M. Ag selaku pembimbing I, Rumainur M. Pd.I selaku pembimbing II. Penelitian ini di latar belakangi oleh realita yang terjadi di lingkungan sekolah, dimana terdapat kesenjangan lingkungan sekolah terhadap norma kesopanan siswa diantaranya hubungan siswa dengan guru, hubungan siswa dengan siswa dengan masyarakat lingkungan sekolah serta keadaan sekolah yang kurang kondusif. Adapun perbedaan itu sangat tampak seperti dalam perilaku norma kesopanan terkhusus terhadap guru dan terhadap teman ada yang terlihat kurang baik terutama dalam sopan santun, menghargai terhadap guru maupun sesame temannya dan orang yang lebih tua. Hal ini menjadi suatu tanggung jawab bersama termasuk lingkungan keluarga dan lingkungan Masyarakat. Namun peran sekolah jika tidak lepas dalam arti lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga harus bekerja sama dalam proses terbentuknya perilaku-perilaku yang baik. Dari permasalahan tersebut maka peneliti berminat menulis dalam karya tulis ilmiah dalam bentuk skripsi dengan judul “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Norma Kesopanan Siswa Di MI At-Tarbiyah Loa Janan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh lingkungan sekolah terhadap norma kesopanan siswa di MI At-Tarbiyah Loa Janan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun popuasi penelitian ini adalah seluruh siswa di MI At-Tarbiyah sebanyak 229 siswa. Adapun sampel yang diambil adalah random sampling dengan menggunakan rumus slovin dengan total 70 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisisnya menggunakan teknik korelasi pearson, uji t (hipotesis), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan perthitungan diatas dapat diketahui thitung sebesar 8.632 maka diketahui taraf signifikan sebesar 5% dengan nilai ttabel 1.667 maka diperoleh hasil nilai thitung 8.632 > ttabel. 1.667 yang artinya sehingga HO ditolak dan Hα diterima bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh lingkungan sekolah terhadap norma kesopanan siswa di MI At Tarbiyah Loa Janan. Sedangkan penelitian pengaruh lingkungan sekolah terhadap norma kesopanan yaitu 27,35% sisanya ditentukan oleh faktor yang lain.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectLingkungan Sekolah, Norma Kesopanan, Siswaen_US
dc.titlePengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Norma Kesopanan Siswa Di MI At-Tarbiyah Loa Jananen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record